Dibalik Mutiara Tersembunyi - Ujung Genteng

on


Tulisanku, Bandung. Pantai Selatan - Ujung Genteng, Sukabumi Jawa Barat. 
Konon mitos masyarakat disana mengatakan bahwa Ujung Genteng merupakan kekuasaan Nyi Roro Kidul. Secara geografis, Ujung Genteng termasuk dalam pantai Selatan. Setiap pengunjung yang dating, terkadang ada beberapa yang mengatakan bahwa mereka pernah merasakan, melihat dan mendengar tentang maklus halus(gaib). Konon sampai saat ini korban hilang dan tergelamnya pengunjung disana belum pernah lagi diketemukan. Beberapa mengatakan jasad mereka dibawa oleh Nyi Roro Kidul yang memang menguasai Pantai Selatan ini. Selain itu, beberapa pondok disana memiliki keanehan tersendiri.                  


Ada yang mengatakan disalah satu Pondok penginapan depan Pantai Ujung Genteng ada wanita yang gantung diri. Mitos mengatakan bahwa setiap pengujung yang mampir ke Pondok tersebut sering merasakan arwah dari wanita tersebut.
Keanehan lain dirasakan pengujung asal Kota Bandung di Curug Cikaso. Dua diantara mereka terggelam. Keanehan terasa ketika seseorang dari mereka merasakan kram kaki tepat saat sedang asik berenang. Anehnya para pengunjung yang ada disana tampak santai melihat kejadian tersebut. Ketika ditemui, mereka mengatakan kalau itu terlihat seperti bercanda, sehingga mereka santai dan tertawa melihat kelucuaan yang pada faktanya itu merupakan kejadian yang hampir merenggut nyawa.
Selain mitos mitos yang ada disana, Jalan tranfortasi menuju Ujung Genteng sangatlah rusak. membutuhkan kendaraan ala Offroad. Karena memang pemerintah disana belum mengaanggarkan biaya untuk Pariwisata Ujung Genteng ini. Bahkah dari lokasi wisata pantai menuju pantai lain atau bahkan menuju wisata air tawar memerlukan perjuangan yang lebih extra, atau memanfaatkan jasa para Guide masyarakat sana. Kebanyakan mereka menggunakan kendaraan bermotor trail. Biayanyapun terbilang cukup murah.
Kejadian aneh, penjalan lelah dan menghabiskan waktu yang cukup lama ini ternyata dapat terbayar oleh keindahan wisata – wisata yang ada diujung genteng ini. Curug Cikaso yang masih alami, Pantai yang memang sulit dijangkau dan dikunjungi wisatawan memang sangat indah.


Dibalik Mutiara Tersembunyi – Ujung Genteng

Ujung Genteng adalah salah satu tempat wisata di Indonesia yang berlokasi di kecamatan Ciracap, Ujung Genteng,  Sukabumi, Jawa Barat. kawasan pantai selatan Pulau Jawa yang merupakan  Samudra Hindia.
Samudra Hindia merupakan lautan yang memiliki ombak besar. Namun, Kawasan ini memiliki banyak karang, ombak yang datang akan terpecah, sehingga ombak di pantai ini tidak terlalu besar. Oleh karena itu, air laut disana menjadi jernih yang dapat melihat langsung terumbu karang dan ikan-ikan cantik yang berwarna-warni tanpa harus menyelam atau dengan snorkeling. Pantai ini juga menjadi tempat yang sangat tepat untuk menikmati matahari tenggelam (sunset). (sumber : kumpulan.info)
 Untuk menempuh lokasi tersebut, jika menggunakan kendaraan pribadi, perjalanan dibutuhkan waktu sekitar 10 jam dari Kota Bandung. Bagi pecinta backpacker, dapat menggunakan kendaraan umum seperti Bus, Elp (mini bus), Angkot (angkutan umum). Waktu yang dibutuhkan memang cukup lama dan melelahkan ditambah dengan kondisi jalan yang belum bagitu baik. Meskipun begitu, banyak wisatawan dan turis mengunjungi kawasan tersebut. jika kalian sudah merasakan, pantaslah mereka bertekat untuk menikmati wisata disana karena keindahannya akan membayar semua perjalanan yang terasa melelahkan itu.

Hal yang perlu diperhatikan adalah selalu gunakan Guide dan gunakan GPS yang sudah di update, karena jika anda pergi dengan hanya bertanya-tanya kepada warga disana, tidak ada informasi yang akan memberi tahu lokasi tujuan anda tersebut. kenapa demikian? Itu seperti sudah menjadi kerjasama antara warga (pemilik penginapan) dengan jasa guide disana.

Perjalanan menuju Ujung Genteng :
1.      Gunakan Bus menuju terminal Sukabumi,
2.      kemudian gunakan Angkot (angkutan umum) menuju Lembur Situ,
3.      lalu cari Bus atau elf (mini bus) menuju terminal Surade
4.      kemudian cari angkot berwarna merah jurusan menuju Ujung Genteng.
5.      Setelah sampai tujuan, terdapat banyak jasa warga sana yang merukapakan guide  wisata – wisata Ujung Genteng.
(sumber : google map http://goo.gl/maps/GcqAY)

Lokasi yang pernah saya kunjungi hanya 4 lokasi, padahal ada 9 wisata. Butuh waktu seminggu untuk menguasai wisata alam disana. Nah! Sekarang Anda sudah tahu kan perjalanan yang harus ditempuh. Sekarang mari kita tinjau seberapa besar keindahan yang ada dikawasan Ujung Genteng.



1.      Akuarium Alami di Cibuaya








2.       Pantai Tenda Biru



3.      Curug cikaso

4.       Pantai Minajaya



5.       Pantai Nirwana








6.      Curug Luhur









7.      Ombak Tujuh









8.      Tanah Lot amanda Ratu



 











9.      Pantai Pangumbahan dan penangkaran penyu


 


0 komentar:

Posting Komentar

Komentar tidak berunsur SARA dan PORNO
Jadilah manusia bersosial dengan komenar yang baik dan benar